Jelaskan pengertian moral, budi pekerti, akhlak, etika dan hubungan diantara semuanya

Jelaskan pengertian moral, budi pekerti, akhlak, etika dan hubungan diantara semuanya

Jelaskan pengertian moral, budi pekerti, akhlak, etika dan hubungan diantara semuanya

1) Jelaskan pengertian moral, budi pekerti, akhlak, etika dan hubungan diantara semuanya!
2)  Jelaskan pengertian tasamuh, taawun, dan musawah diserta ayat al-Qur’an!
3)  Bagaimana perwujudan akhlak terhadap alam?
4)  Jelaskan klasifikasi agama dalam pelbagai kategori !
5)  Jelaskan fungsi profetik aga
Jawab

(1) moral


moral adalah ajaran tentang tindakan seseorang yg dalam hal sipat, perangai, kehendak pendapat, atau perbuatan yg secara layak dapat di katakan benar atau salah, baik atau buruk./ tindakan yg umum sesuai dengan dan diterima oleh lingkungan tertentu atau kesatuan sosial tertentu.

Budi pekerti



perpaduan dari hasil akal dan rasa yg berwujud pada karsa dan tingkah laku manusia. ahlak adalah suatu keadaa yg tertanam dalam jiwa berupa keinginan kuat yg melahirkan perbuatan-perbuatan secara langsung dan berturut-turut tanpa memikirkan pemikiran lebih lanjut.

Etika

secara istilah etika adalah ilmu yg membicarakan tentang tingkah laku manusia/ etika sebagaitingkah laku perbuatan manusia di pandang dari segi nilai baik dan buruk sejauh yg dapat di tentukan akal.
hubungan..
etika bersumber pada rasio sedangkn akhlak bersumber pada Al qur'an dan hadis sementara rasio adalah pendukung terhadap apa yg telah di kemukakan oleh al qur'an dan hadist. sementara moral dan susila atau budi pekerti pada umumnya berdasarkan pada ketentuan atau kebiasaan umum yg berlaku di masyarakat. selain itu, etika (ilmu akhlak) bersifat teoretis sementara moral, susila, akhlak lebih bersipat praktis, artinya moral itu berbicara soal mna yg baik dan mna yg buruk, susila berbicara mna yg tabu dan mna yg tidak tabu. akhlak berbicara soal baik buruk, benar salah, layak tidak layak. sementara etika lebih berbicara kenapa perbuatan itu di katakn baik atau kenapa perbuatan itu di katakn buruk. etika menyelidiki memikirkan dan mempertimbangkn tentang yg baik dan buruk, moral menyatakan ukuran yg baik tentang tindakan itu dalam kesatuaan sosial tertentu.




(2)pengertian tasamuh


Secara bahasa, tasamuh artinya toleransi, tenggang rasa atau saling mengharagai.
Ta’awun menurut bahasa yang artinya Saling menolong maksudnya setiap orang hendaknya berusaha untuk menolong orang lain yang memerlukan pertolongan
Musawah adalah pengungkapan kalimat yang maknanya sesuai dengan banyaknya kata-kata, dan kata katanya sesuai dengan luasnya makna yang dikehendaki, tidak ada penambahan ataupun pengurangan.
Contoh-Contoh :

a.Allah Swt.berfirman :
وَمَاتُقَدِّمُوْا لأَنْفُسِكُمْ مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوْهُ عِنْدَاللّه .(البقرة : 110 )
Dan apa-apa yang kamu usahakan dari kebaikan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah.(QS.Al-Baqarah)110).


(3)Bagaimana perwujudan akhlak terhadap alam

Manusia sebagai khalifah di bumi memiliki kewajiban untuk menjaga keseimbangan alam. Dunia yang menjadi tempat tinggal manusia beserta isinya sama-sama makhluk Allah yang selalu memuji asma-Nya. Merusak alam berarti secara tidak langsung akan merusak kehidupan manusia karena manusia sangat bergantung pada alam.

(4)Agama dapat diklasifikasikan menjadi beberapa macam, 


yaitu :agama Samawi atau agama wahyu (revealed religion),
Yaitu agama yang dipercayai diwahyukan Tuhan melalui malaikat-Nya kepada utusan-Nya yang dipilih dari manus
Agama budaya (cultural religion)/ non wahyu  disebut juga dengan agama bumi yang artinya bersandar semata-mata kepada ajaran seorang manusia yang dianggap memiliki pengetahuan tentang kehidupan dalam berbagai aspeknya secara mendalam.

(5)fungsi profetik agama


Fungs Profetik agama adalah bahwa agama sebagai sarana menuju kebahagiaan juga memuat peraturan-peraturan yang mengondisikan terbentuknya batin manusia yang baik, yang berkualitas, yaitu manusia yang bermoral (agama sebagai sumber morhttps://www.youtube.com/channel/UCRy9g5UOMo9JMM-ENySbNOQhttps://www.youtube.com/channel/UCRy9g5UOMo9JMM-ENySbNOQ

You like this